STRATEGI UNIT BISNIS

11 Aug

Pengertian Strategi Unit Bisnis

žStrategi unit bisnis sering juga disebut dengan kata strategi bersaing,strategi bisnis yang berfokus pada peningkatan posisi bersaing produk dan jasa perusahaan dalam industri atau segmen pasar tertentu yang dilayani perusahaan.
žSuatu kesatuan organisasi yang memiliki batasan tujuan strategi bisnis
Jenis Strategi Unit Bisnis
ž1. Competitive
ž2. Cooperation

  Dari kedua pilihan tersebut, strategi yang paling banyak dan populer digunakan adalah strategi bersaing. Salah satu konsep persaingan yang sangat popular yang pernah disajikan oleh seorang pakar ekonomi mikro persaingan adalah konsep strategi Generik M.E. Portrer. Oleh karena itu konsep ini merupakan bagian terbesar dalam pembahasan.

Strategi bersaing (competitive) Generik dari Porter

žMichael Porter menawarkan strategi bersaing generic untuk mengungguli perusahaan lain dalam industri tertentu biaya rendah dan diferensiasi.

   Michael Porter menjelaskan skema yang meliputi 3 tipe strategi general yang lazim digunakan oleh unit bisnis. Yakni:

-   Cost Leadership strategy

-    Differentiation strategy
-    Focus strategy
Cost Leadership Strategy :
1. Strategi ini dapat dicapai dengan syarat perlu pencari secara kontinyu pengurangan harga dari seluruh aspekbisnis. Ini terkait dengan strategi distribusi yang mampu menyediakan distribusi produk seluas mungkin.

2. Strategi promosi yang sering digunakan meliputi upaya menyembunyikan fitur-fitur     produk yang berbiaya rendah

 3. Keberhasilan strategi ini membutuhkan pertimbangan keunggulan market share yang mampu mengakses bahan baku, komponen, tenaga    kerja, dan input penting lainnya. Tanpa keunggulan tersebut, strategi ini akan mudah ditiru oleh pesaing
Strategi Fokus

Strategi ini berbeda dengan dua strategi di atas karena menekankan pada persoalan cakupan persaingan yang akan dihadapi. Strategi fokus perusahaan untuk lebih memperkecil cakupan persaingan yang akan dihadapinya di dalam industri.

Dengan mmpersempit cakupan, maka diharapkan perusahaan dapat menciptakan sesuatu yang spesifik di dalam cakupan tersebut yang tidak bisa dilakukan jika dilayani dengan cara menyeluruh.

Dengan demikian perusahaan tentunya tidak dapat melakukan hal tersebut sehingga perusahaan yang menjalankan strategi fokus akan lebih unggul di dalam cakupan yang diciptakan.

žStrategi fokus juga dapat dengan dua strategi lainya antara lain :
žFokus Biaya
žFokus differensiasi
žFokus biaya adalah strategi bersaing yang berfokus pada kelompok pembeli atau pasar geografis tertentu. Jika perusahaan menjalankan fokus biaya maka perusahaan harus dapat menciptakan harga rendah pada segmen pasar yang dilayaninya.Strategi tersebut didasarkan pada keyakinan bahwa perusahaan atau unit bisnis yang mengkonsentrasikan upaya-upayanya dapat melayani target strategis yang sempit dengan lebih effisien dibandingkan dengan para pesaingnya.

Fokus differensiasi lebih mudah untuk dijalankan, karena dengan pasar yang sempit  perusahaan dapat mengambil margin yang cukup besar dibandingkan para pesaing.

Dalam menggunakan fokus differensiasi perusahaan atau unit bisnis mencari deferensiasi pada segmen sasarannya.Strategi ini dihargai karena adanya keyakinan bahwa perusahaan yang memfokuskan pada usaha dalam melayani pasar sasarannya yang sempit lebih efektif daripada pesaingnya.

Taktik merupakan penjabaran operasional jangka pendek dari strategi agar strategi tersebut dapat diterapkan.

Taktik bersaing adalah sebuah rencana opresional khusus yang menjelaskan bagaimana, kapan, dan dimana sebuah strategi diimplementasikan. Dibanding strategi, taktik bersifat lebih sempit lingkupnya. Oleh karena itu taktik dipandang sebagai hubungan antara perumusan dan implementasi strategi.

Beberapa taktik yang tersedia untuk melaksanakan strategi bersaing antara lain:

Taktik Waktu

Taktik Menyerang

Taktik Defensif

žSBU  (strategic business unit) adalah suatu  kesatuan organisasi yang memiliki batasan tujuan strategi bisnis dan mempunyai  seorang  manajer dibantu  tenaga  penjualan  dan menjadi pengumpul kekayaan/keuntungan yang dapat dipertanggungjawabkan.
žStrategi bersaing generik berfungsi untuk mengungguli perusahaan lain dalam industri tertentu dgn biaya rendah dan diferensiasi. Biaya rendah adalah kemampuan perusahaan atau sebuah unit bisnis untuk merancang, membuat dan memasarkan sebuah produk disbanding dengan cara yang lebih efisien dari pesaingnya.
žTaktik bersaing adalah sebuah rencana opresional khusus yang menjelaskan bagaimana, kapan, dan dimana sebuah strategi diimplementasikan. Dibanding strategi, taktik bersifat lebih sempit lingkupnya. Oleh karena itu taktik dipandang sebagai hubungan antara perumusan dan implementasi strategi.
ž
ž

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: